Kamis, 12 Februari 2015

Culture Trip ID


Poster oleh Yudith

Berangkat dari fakta bahwa banyak ancaman kepunahan budaya tradisi Indonesia dan adanya kasus-kasus klaim budaya tradisi Indonesia oleh negara lain karena kurangnya apresiasi dari masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak muda, kami menggagas “Culture Trip ID.” “Culture Trip ID” dibuat dengan ide dan semangat mengenalkan budaya tradisi Indonesia dengan cara yang menyenangkan dan ga ketinggalan jaman, bahkan up to date sama perkembangan dan kegemaran anak-anak muda jaman sekarang.

Kenapa pilih konsep trip untuk mengenalkan budaya tradisi Indonesia ke anak-anak muda? Karena trip dan wisata ga akan ada matinya, anak-anak muda sekarang suka banget sama nge-trip dan traveling. Kenapa engga jalan-jalan seru sambil kenalan sama budaya tradisi yang ada di daerah setempat?
“Culture Trip ID” akan dikemas dengan variasi perjalanan “mengenal budaya” dan “menikmati pemandangan alam.” Sehingga perjalanan yang dilakukan dengan “Culture Trip ID” akan amat bervariasi dan ga monoton. Perjalanan “Mengenal Budaya” bisa dilakukan dengan melakukan kunjungan-kunjugan ke desa atau kampung budaya atau mengikuti workshop seni budaya, seperti kelas mbatik, kelas nari, kelas ndalang dan berbagai workshop seni budaya lainnya. Setiap trip akan diakhiri dengan menikmati pemandangan alam bumi Indonesia yang indah tiada tara.
Kalau sudah tahu dan kenalan sama budaya tradisi Indonesia diharapkan akan meningkatkan kecintaan dan apresiasi anak-anak muda terhadap budaya tradisi Indonesia, dan bisa ikut serta dalam upaya pelestarian budaya tradisi tersebut .

Sasaran “Culture Trip ID” selain ditujukan untuk muda mudi Indonesia, juga disasarkan pada foreign people yang tinggal di Indonesia. Kenapa? Karena “Culture Trip ID” juga ingin mengenalkan keindahan budaya Indonesia pada mereka. Kegiatan ini bisa juga jadi salah satu bentuk Culture Diplomacy juga bukan?

Tau ga sih #CultureFacts tentang budaya tradisi Indonesia?

1. 10% dari bahasa yang ada di dunia ada di Indonesia, dan 10% dari jumlah tersebut terancam PUNAH!
2. Sejak tahun 2009, sudah ada 33 kasus klaim budaya tradisi Indonesia oleh negara asing!
3. Semakin tahun, semakin banyak berita-berita tentang ancaman kepunahan budaya dan kurangnya apresiasi budaya tradisi di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung