Selasa, 03 Maret 2015

Surga Tersembunyi Pantai Ora


Sumber Foto: http://eljohn.media/wp-content/uploads/2015/01/pantai-ora.jpg


“Kekaguman seolah melumpuhkan keinginan untuk mengungkapkan pujian. Hanya menikmati syukur atas keindahan surge tersembunyi Pantai Ora.” - Abdul Azis | Mutiara Biru, eds. 48.

Manusela
Pantai Ora berada di Maluku, tepatnya di Pulau Seram. Pantai ini dijuluki sebagai Maladewa-nya Indonesia. Tujuan pertama yang harus ditempuh adalah dermaga penyebrangan Tulehu dengan menempuh perjalanan 45 menit dari Bandara Pattimura. Transportasi yang termudah adalah menggunakan mobil sewaan yang ada di bandara. Dengan speedboat yang cukup nyaman, penyebrangan ke Pulau Seram memakan waktu 2 jam. Jadwal speedboat terpagi adalah pukul 09.00 WIT. Sesampai di Pulau Seram, perjalanan dilanjutkan dengan mobildan membelah hutan lindung Manusela.

Desa Saleman
Setelah melewati perjalanan darat di Pulau Seram. Kita akan berhenti di desa Saleman. Dari desa ini, kita bisa menggunakan perahu tingting dengan waktu tempuh perjalanan 15 menit menuju Ora Beach Resort. Berada di desa Saleman, kita bisa menikmati keindahan pesisir Pulau Seram dengan laut yang jernih. Kejernihan laut di pesisir desa Saleman membuat kita bisa menikmati keindahan taman laut yang menakjubkan dengan terumbu karang yang subur dan beragam ikan yang menawan.

Pantai Air Belanda
Selain berada di Ora Beach Resort, kita bisa mengunjungi pantai-pantai di sekitarnya, seperti pantai berpasir putih dengan pemandangan tropical, Pantai Air Belanda. Adalah sebuah tempat yang konon kabarnya, mata airnya ditemukan oleh seorang berkebangsaan Belanda. Kegiatan lain yang bisa kita lakukan selain snorkeling dan menyelam adalah tracking di pesisir Pantai Ora. Jika kita ingin menyelam atau snorkeling, sangat disarankan untuk membawa peralatan sendiri karena di sana operator sewanya masih terbatas. Tak hanya itu, pilihlah tempat snorkeling yang bersih dari koral agar tidak menggangu habitat di dalamnya.

Ora Beach Resort
Tujuan selanjutnya adalah menuju satu-satunya penginapan yang ada di Pantai Ora. Penginapan ini bernama Ora Beach Resort yang merupakan resort di atas laut. Berada di antara tebing yang tinggi dan hamparan laut yang luas, Ora Beach Resort memberikan pilihan kamar darat, kamar gantung dan kamar di atas laut.

Desa Sawai
Desa Sawai terletak sekitar 15 menit dari Ora. Di sini, kita bisa menikmati pemandangan bawah lautnya dengan perahu. Di Sawai banyak terdapat homestay dengan pemandangan hamparan laut lepas dan tebing-tebing tinggi yang tertutup tanaman berwarna hijau. Tempat penginapan ini biasanya menjadi rujukan para turis yang menghabiskan waktu berminggu-minggu di pesisir Pantai Ora. Di desa ini juga masih hidup beberapa hewan langka asli Maluku seperti nuri kepala hitam, burung kakatua serang, rangkong dan bayan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung